Minggu, 10 Juli 2011

Pahala Untuk Wanita


Muslim dalam shahihnya menyebutkan bahwa Asma' binti Yazid bin As-Sakan ra. telah mendatangi Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam lalu dia berkata: "Sesungguhnya aku  ini utusan orang-orang di belakang sana dari jama'ah wanita-wanita Islam, mereka semua mengatakan sebagaimana yang kukatakan, yaitu; sesungguhnya Allah telah mengutus engkau kepada lelaki dan perempuan, kami telah beriman dan mentaati engkau. Dan kami kaum wanita serba kurang dan cacat, kami duduk di rumah. Dan sesungguhnya kaum lelaki melebihi kami dengan shalat Jum'at, menyaksikan jenazah, pergi berjihad.
Dan apabila mereka keluar berjihad, kami lah yang memelihara harta benda mereka, apakah kita bersama dengan mereka dalam balasan wahai Rasulullah?"
Lalu Rasulullah menoleh kepada para sahabatnya, seraya berkata: "Apakah kalian mendengar perkataan seorang wanita yang bertanya tentang agamanya?" Para sahabat menjawab, "Tidak ada, wahai Rasulullah!" maka berkata Rasulullah; "Kembalilah wahai Asma' dan beritahukan wanita-wanita yang di belakang itu, bahwasanya kebaikan layanan salah seorang di antara kalian terhadap suaminya, dan kesediaan mereka untuk mendapat keridhaannya, dan mentaati segala yang diperintahnya, adalah menyamai semua yang engkau sebutkan tadi.
Maka Asma' pun berundur dari tempat tersebut dengan bertahlil dan bertakbir, karena sangat gembira dengan keterangan yang disampaikan oleh rasulullah salallahu 'alaihi wa salam tadi.
Kesimpulan yang dapat diambil, yaitu pahala yang diterima oleh wanita dalam mengurusi rumah tangganya, mentaati suaminya, mendidik anak-anaknya adalah menyamai pahala seorang lelaki dalam berjihad serta amal-amal lain yang dikhususkan untuk kaum laki-laki. Wallahua'lam bishshawwab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar